produk asuransi jiwa dan investasi

Saat Membeli Asuransi Jiwa, Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

Amyruth – Saat ini, memang ada banyak sekali pilihan produk asuransi jiwa dan investasi di Indonesia. Bahkan, saking banyaknya, terkadang membuat calon nasabah kebingungan untuk memilih produk manakah yang sebaiknya mereka ambil untuk memproteksi diri dan keluarga.

Sebenarnya, saat membeli asuransi, terutama asuransi jiwa yang digabungkan dengan invetasi, calon nasabah sebaiknya memilih produk asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhannya sehingga manfaat yang diberikan tetap maksimal. Di samping itu, nasabah juga disarankan mempelajari terlebih dahulu produk yang ditawarkan serta mencari tahu apa saja manfaat yang diberikan.

Tidak cukup sampai disitu, ketika memilih produk asuransi jiwa dan invetasi, calon nasabah juga dianjurkan untuk tidak melakukan beberapa kesalahan berikut:

produk asuransi jiwa dan investasi

1. Nilai pertanggungan yang diambil terlalu kecil

Seperti diketahui, tujuan utama dari asuransi jiwa dan invetasi adalah memberikan perlindungan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan jika Anda sebagai pemegang polis meninggal dunia dimana keluarga akan menerima uang pertanggungan dan uang hasil investasi. Namun, perlindungan yang diberikan tidak akan maksimal jika ternyata Anda mengambil nilai pertanggungan yang terlalu kecil.

Sebagai contoh, Anda mengambil nilai pertanggungan sekitar Rp. 200.000.000 Nominalnya memang terbilang besar, tapi sebaiknya Anda tetap harus menghitung kembali kebutuhan hidup keluarga untuk beberapa tahun ke depan. Perhitungannya sendiri bisa dengan cara UP = biaya hidup perbulan : 1%. Jika keluarga Anda menghabiskan biaya hidup sekitar Rp. 10.000.000 per bulan, tentunya uang pertanggungan tidak akan cukup sampai 2 tahun ke depan.

Untuk itu, pastikan Anda menghitung dengan cermat berapa biaya hidup keluarga selama satu tahun dan sesuaikan dengan nilai pertanggungan dari asuransi.

2. Fokus utama hanyalah investasi dan mengabaikan pertanggungan yang diberikan

Membeli asuransi jiwa dan invetasi memang memungkinkan Anda untuk berinvestasi di dalamnya. Namun, jangan sampai fokus utama Anda hanyalah berinvestasi dan mengabaikan uang pertanggungan yang diberikan sekalipun uang investasi yang dihasilkan bisa lebih besar dibanding nilai pertanggungan.

Pasalnya, jika nilai investasi terus mengalami penurunan, maka akan sangat berisiko terhadap nilai pertanggungan dari asuransi tersebut. Jika sudah begini, Anda tentunya tidak akan bisa melindungi keluarga secara maksimal.

Untuk itulah, ketika membeli asuransi jiwa yang dilengkapi dengan invetasi, sebaiknya fokus utama Anda tetap pada perlindungan yang diberikan dan jika mau berinvestasi tidak dipermasalahkan asalkan nilainya tidak lebih besar dari uang pertanggungan asuransi.

3. Membeli asuransi tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan

Melindungi keluarga semaksimal mungkin dengan membeli asuransi jiwa plus invetasi memang merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Tapi, pastikan tidak membeli asuransi tambahan yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Bukannya memberikan manfaat yang maksimal yang ada nanti malah bisa memberatkan Anda, terlebih biaya premi untuk asuransi tambahan tersebut tidaklah murah. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kembali saat membeli asuransi tambahan tersebut.

4. Salah memilih pihak tertanggung yang akan menerima uang pertanggungan

Dalam asuransi jiwa serta invetasi sendiri, tertanggung bisa diartikan sebagai pihak yang akan menerima uang pertanggungan jika mereka meninggal dunia. Untuk itu, pastikan Anda memilih tertanggung yang benar-benar membutuhkan proteksi dan jangan sampai salah sasaran.

Misalnya Anda menjadikan anak sebagai ahli waris sementara anak Anda tidak pandai mengelola keuangan. Maka bisa jadi uang pertanggungan yang diterima akan habis begitu saja dalam waktu singkat. Pilihlah ahli waris yang mampu mengelola keuangan sehingga uang pertanggungan tersebut dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Demikian beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak dilakukan ketika Anda membeli asuransi jiwa. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *