ikan patin bakar

Rahasia di Balik Kelezatan Ikan Patin Bakar Khas Banjarmasin

Amyruth – Selain Soto Banjar dan Ketupat Kandangan, satu kuliner lagi yang tidak bisa lepas dari nama Banjarmasin adalah Ikan Patin Bakar. Olahan ikan patin khas Banjar yang satu ini memang tiada duanya. Daerah Bajarmasin yang masih dikelilingi banyak sungai bersih membuat ikan patin-nya berkualitas. Selain habitat, berikut rahasia dibalik lezatnya kuliner yang satu ini.

ikan patin bakar

1. Tekstur dagingnya yang lembut.

Baik digoreng maupun dibakar, Ikan patin tetap enak disantap. Sangat cocok untuk disajikan sebagai menu makanan lansia yang sudah tidak kuat untuk mengunyah sate daging sapi maupun kambing. Tidak sedikit pula orang tua yang memiliki anak bayi, mencampurkan ikan bertekstur lembut ini dengan MPASI lainnya.

2. Memiliki rasa manis alami.

Ikan yang disajikan di berbagai rumah makan di Bnjarmasin biasanya masih segar dan memiliki citarasa khas. Anda bisa merasakannya dari rasa manis alami melalui bagian dalam dagingnya. Citarasa manis dari ikan air tawar inilah yang menjadikanya banyak diburu oleh orang yang kurang suka dengan ikan laut.

3. Bumbunya.

Keberadaan bumbu yang terdiri dari rempah-rempah khas Nusantara berperan penting untuk mengimbangi citarasa sedap yang berasal dari ikan patin-nya. Olahan ikan ini juga dikenal sebagai patin baubar, karena dipepes dulu dalam balutan bumbu rempah-rempah dan dibungkus daun pisang sebelum digoreng atau dibakar.

4. Cara memasaknya.

Inilah rahasia yang tak kalah penting perannya dalam menentukan kelezatan ikan patin. Jadi, ikan patin yang asal bakar biasanya masih meninggalkan bau ikan mentah.

Tambahan lagi, jika yang memasaknya kurang pengalaman, maka ikan patin yang dibakar ini menjadi hangus dan bau gosong. Hal ini tentu bisa mengurangi citarasa sli ikan patin. Oleh karena itu, mengolah ikan patin dengan cara dipepes dan dibakar perlu latihan khusus, agar matangnya pas dan bukan karena gosong.

Nah, jika Anda tertarik mencoba Ikan Patin Bakar, Anda bisa dengan mudah menemukannya di kedai pinggir jalan, rumah, makan, hingga restoran. Tapi, Anda perlu melihat reputasi tempat makan tersebut. Terutama rumah makan yang sudah terkenal dengan masakannya yang lezat dan menjadikan olahan ikan ini sebagai salah satu menu andalannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *