kaki bengkak saat hamil

Kebiasaan yang Menyebabkan Kaki Bengkak Saat Hamil

Amyruth – Ketika hamil, ada cukup banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh. Tidak jarang, perubahan tersebut menyebabkan gangguan, terutama rasa yang tidak nyaman. Nah, salah satu perubahan yang dialami adalah kaki bengkak saat hamil. Tentu, Anda sudah familiar dengan hal ini, bukan?

Kaki yang bengkak saat hamil memang merupakan hal yang normal dan wajar terjadi. Meskipun demikian, tetap saja ada rasa yang kurang nyaman akan didapati oleh ibu hamil, terutama saat beraktivitas.

Nah, terkait kaki bengkak tersebut, ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebabnya. Apa saja penyebab yang dimaksud? Simak ulasan selengkapnya!

kaki bengkak saat hamil

Beberapa Kebiasaan Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Perubahan pada kaki ibu hamil yang terlihat lebih bengkak umumnya dikarenakan adanya perubahan hormon. Namun, selain perubahan hormon, ada beberapa kebiasaan yang turut menjadi penyebabnya.

Beberapa kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pola konsumsi yang salah

Ibu hamil sebaiknya menjaga pola konsumsi mereka demi kesehatan kehamilan yang lebih stabil. Namun, terkadang, beberapa ibu hamil menjalankan pola konsumsi yang salah hingga berdampak pada kesehatan, salah satunya adalah kaki yang bengkak.

Dalam hal ini, kaki yang bengkak bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan natrium atau garam tinggi. Makanan tersebut nantinya akan menahan cairan di dalam tubuh yang menyebabkan kaki bengkak.

2. Terlalu banyak berjalan

Kebiasaan berjalan pada saat hamil termasuk salah satu kebiasaan yang sebenarnya baik. Namun, ibu hamil harus memperhatikan porsi untuk melakukan kebiasaan ini. Perlu diketahui bahwa karena terlalu banyak berjalan, kaki bisa cenderung lebih bengkak.

Penyebabnya adalah dari kebiasaan tersebut, ada beban yang berlebih pada kedua kaki. Oleh karenanya, untuk pencegahan, atur porsi Anda untuk melakukan kebiasaan berjalan.

3. Kurang konsumsi air putih

Kurangnya konsumsi air putih juga menjadi salah satu sebab kenapa kaki sering bengkak saat hamil. Dengan kurangnya konsumsi air putih, maka metabolisme tubuh akan cenderung terhambat. Kondisi ini bisa lebih parah jika ibu hamil terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Nah, demikian ulasan terkait kebiasaan yang menyebabkan kaki bengkak saat hamil. Meskipun wajar, Anda perlu melakukan antisipasi jika dirasa terlalu mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *