syarat nikah

Inilah Syarat-Syarat Nikah Beda Negara yang Harus Diketahui Para Pasangan

Amyruth – Jika kamu berencana untuk menikah, tentu saja kamu sudah mengetahui beberapa syarat nikah. Selain itu, sebaiknya sebelum menikah lakukanlah tes kesehatan, untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa membaca artikel kesehatan untuk mengetahui informasi lengkapnya. Tidak lupa untuk mempersiapkan semua hal dokumen persyaratan nikah.

Proses pernikahan untuk sesama warga Indonesia (WNI) terbilang tidak cukup sulit dan juga tergolong mudah karena persyaratan dokumen yang diminta tidak rumit. Meskipun demikian, untuk pasangan yang ingin menikah namun berbeda kewarganegaraan, misalnya kamu seorang WNI dan pasanganmu WNA, maka membutuhkan persyaratan yang cukup rumit dan bisa memakan waktu yang sangat panjang karena harus melengkapi beberapa dokumen dari kedua negara. Berikut ini ada beberapa syarat-syarat untuk melengkapi dokumen pernikahan.

syarat nikah

Syarat Administrasi Pernikahan Dua Negara

  1. NIK calon istri, calon suami, dan orang tua atau wali nikah.
  2. Formulir N1 (Surat pengantar nikah).
  3. Formulir N3 (Surat persetujuan mempelai).
  4. Formulir N5 (Surat izin orang tua, jika pasangan masih berumur di bawah 21 tahun).
  5. Dispensasi atau izin dari Pengadilan Agama, jika pasangan berusia dibawah 19 tahun.
  6. Izin dari kedutaan besar untuk WNA.
  7. Fotokopi kartu identitas diri (KTP).
  8. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  9. Fotokopi Akta Kelahiran.
  10. Pas foto ukuran 2 x 3 (5 lembar).
  11. Pas foto ukuran 4 x 6 (2 lembar).
  12. Surat rekomendasi nikah dari KUA kecamatan, jika ingin melaksanakan pernikahan di luar wilayah tempat tinggal calon pengantin.

Namun, ada sedikit perubahan dari syarat nikah tahun 2021 dengan tahun sebelumnya. Di tahun ini pemerintah mewajibkan semua pasangan di Indonesia yang ingin menikah untuk mempunyai sertifikat layak nikah yang bertujuan untuk mengetahui keadaan kesehatan dari para calon mempelai sebelum menikah. Untuk mendapatkan sertifikat layak nikah ini calon mempelai cukup membawa surat pengantar dari kelurahan dan mendaftar ke puskesmas terdekat. Jika masih bingung, kamu bisa membaca artikel kesehatan dengan mengunjungi website nya di https://www.sehatq.com/artikel/harus-tahu-ini-syarat-nikah-agar-tidak-salah-melangkah.

Berikut 4 Tes Kesehatan Sebelum Menikah

1. Tes HIV dan penyakit menular seksual lainnya

HIV/AIDS merupakan penyakit yang bertahan selama seumur hidup dan jika dibiarkan bisa merusak pernikahan. Untuk itu, tes HIV/AIDS dan berbagai penyakit menular lainnya penting sekali dilakukan untuk mengetahui status kesehatan dari masing-masing pasangan.

Hal tersebut juga bermanfaat untuk melindungi diri sendiri dan juga melakukan perawatan medis yang benar.

2. Tes kecocokan golongan darah

Golongan darah mu harus cocok dengan pasanganmu untuk menghindari masalah kehamilan seperti penyakit rhesus yang merupakan keadaan di mana antibodi pada darah wanita hamil bisa menghancurkan sel-sel darah bayinya. Oleh karena itu, tes ini penting sekali dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Tes kesuburan

Tes ini penting untuk mengetahui jika ada masalah yang berkaitan dengan kemandulan.

4. Tes medis kronis atau medis

Pada umumnya tes ini mencakup dalam screening untuk penyakit diabetes, kanker, hipertensi, thalasemia dan keadaan lainnya yang menurutmu harus dilakukan.

Setelah pasangan melakukan semua tes, tahap terakhir adalah pemberian vaksin TT (Tetanus Toksoid).

Itu tadi syarat nikah antar dua negara, beberapa tes kesehatan dan artikel kesehatan yang harus kamu ketahui sebelum melangsungkan pernikahan. Untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa baca info lebih jelasnya di sehatq.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *