tahap perkembangan emosi anak usia dini

4 Tahap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini

Amyruth – Tahap perkembangan emosi anak usia dini perlu dipantau agar bisa berkembang dengan optimal. Sejak dini perkembangan bisa diketahui sesuai tingkat usianya. Berikut ini tahapan perkembangan emosional di usia dini.

tahap perkembangan emosi anak usia dini

1. Berjalan dan Daya Tarik

Saat anak berusia 12 bulan sudah mulai bisa berjalan dan memiliki daya tarik untuk eksplorasi lingkungannya. Di usia ini emosional anak merasa dirinya mampu mandiri dan tak ada rasa takut sekalipun saat berjalan sering terjatuh.

Namun ada kalanya anak-anak merasa takut dan butuh dibuat merasa aman. Pada usia ini anak mulai memiliki kemampuan untuk mencari perhatian Anda selaku orang tua ataupun orang yang ada di sekitarnya.

2. Emosi yang Mudah Berubah

Tahapan perkembangan emosional berikutnya adalah emosi anak yang mudah berubah di usia 18 Bulan. Anak bisa tiba-tiba menjadi sangat agresif, lalu menjadi anteng kembali. Pengendalian emosi anak bisa dilatih dengan permainan lagu atau membacakan sebuah cerita yang ada hubungannya dengan perasaan.

Pada tahap ini juga emosi anak terkadang bisa tantrum. Di mana emosi berlebihan ini membantu anak untuk melepaskan ketegangan yang dirasakannya. Ajaklah anak bicara dan tetap tenang untuk menghadapinya agar anak bisa menerima apa yang membuatnya menjadi tantrum.

3. Mulai Pandai Menolak

Pada saat anak berusia 2 tahun, anak mulai bisa berkata tidak. Anda perlu mengatasinya dengan mencoba membujuk anak dengan perlahan dan menanyakan kenapa ia bersikap tidak baik. Berikan juga pujian setiap kali anak melakukan sesuatu. Ini juga menjadi cara untuk bonding antara ibu dan anak.

4. Semakin Pandai Bersosialisasi

Di tahap ini anak sudah pandai mengontrol emosionalnya secara bertahap, sehingga semakin pandai bersosialisasi. Anak bisa bermain dengan teman sebayanya dan merasa nyaman. Namun tetap ada masanya anak merebut mainan temannya begitu saja. Anda bisa menghentikannya dengan instruksi yang baik agar anak mengerti.

Tenangkan dirinya dan beri apresiasi saat ia bisa melakukannya. Di usia ini juga anak menjadi lebih mandiri dan mau melakukan apapun sendiri. Anak juga menjadi lebih banyak penasaran untuk apa yang ada di sekitarnya. Anda perlu memantaunya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Tahap perkembangan emosi anak usia dini secara bertahap mendekati usia 5 tahun anak mulai memiliki selera humor. Anda bisa melihat setiap perkembangan anak, jika ada yang tidak sesuai dengan usianya selama masih di batas kewajaran bisa diberikan stimulasi agar anak bisa memiliki kemampuan emosional seperti anak seusianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *